Badilag Kembangkan Aplikasi Terintegrasi

maha3

Jakarta | badilag.net

Sudah sejak lama, Ditjen Badan Peradilan Agama mengembangkan beragam system aplikasi dan media informasi untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Warga peradilan agama pasti sudah familiar dengan yang namanya SIADPA, SIMPEG dan Website.

Beberapa tahun belakangan, Badilag juga mulai membangun aplikasi lain seperti aplikasi persuratan (TNDE), aplikasi kegiatan (e-kegiatan) dan aplikasi kinerja pegawai (SIKP). Melalui kerjasama dengan pihak lain, Badilag juga mengembangkan aplikasi e-learning dan e-test.

Selaras dengan kebijakan Mahkamah Agung RI untuk menyatukan aplikasi yang dikembangkan oleh Unit Eselon I, Badilag pun melakukan hal yang sama.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Badilag, Tukiran, SH., MM. Saat rapat koordinasi tim pengelola teknologi informasi Ditjen Badan Peradilan Agama, Senin (13/6).

Menurutnya, aplikasi yang berkembang di unit Eselon II Ditjen Badan Peradilan Agama saat ini, akan dikelola dan dikembangkan secara terintegrasi. Nantinya, unit kerja Eselon II berfingsi sebagai user dari aplikasi tersebut. “Pengelolaan dan pengembangan aplikasi dilakukan oleh tim teknologi informasi”katanya

Tapi, untuk mengintegrasikan aplikasi tersebut, dibutuhkan dukungan perangkat seperti halnya server dan jaringan internet. Ada beberapa aplikasi yang membutuhkan perangkat yang mumpuni terutama untuk aplikasi e-learning dan e-test.

Tidak hanya melakukan integrasi aplikasi, Sekretaris Badilag juga merencanakan untuk mengembangkan beberapa aplikasi turunan.

Dari aplikasi e-learning akan dikembangkan pula turunannya seperti e-test sertifikasi Ekonomi Syariah, e-test Calon Pimpinan, e-test Sertifikasi Mediasi dan beberapa modul e-learning.

Aplikasi e-Monev dikembangkan menjadi aplikasi LaporanPerkara (L1PA1 – L1PA22), Tata Kelola Peradilan Agama, aplikasi Pengembangan Tenaga Teknis dan beberapa aplikasi lainnya.

Untuk Aplikasi Kerja, disamping sudah memiliki aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE), SIKP, e-Kegiatan, Mutasi Tenaga Teknis, AplikasiBaperjakat Online dan Aplikasi Izin Belajar, Badilag pun akan mengembangkan AplikasiBiayaMutasi, Aplikasi Cuti, Aplikasi Kearsipan dan Aplikasi Penghitungan Beban Kerja Tenaga Teknis

Terkait Pengembangan media informasi, Badilag sedang membangun Galeri online dan layanan informasi mutasi dan kenaikan pangkat. (h2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *